L.tru
Pesan akan dijawab dalam beberapa jam
Bagaimana saya bisa membantu Anda?
Mulai Percakapan

Shalat Arbain di Masjid Nabawi dalam Ibadah Haji

125 Tinjau  | 

Shalat Arbain di Masjid Nabawi dalam Ibadah Haji

Shalat arba’in adalah shalat sunah berjamaah di masjid Nabawi yang dilaksanakan sebanyak 40 waktu atau 8 hari secara berturut-turut. Jemaah tidak boleh ketinggalan takbiratul ihram bersama imam rawatib/tetap ketika melaksanakan shalat ini.

Meskipun begitu, shalat arba’in tidak termasuk ke dalam syarat atau rukun haji. Sehingga, jemaah haji yang lansia, lemah, dan sakit disarankan untuk tidak memaksakan diri melaksanakan shalat arba’in ini.

Memang, apa saja keutamaan dan dalil dari shalat arba’in? truFriends dapat tahu jawabannya dengan membaca artikel berikut ini!

Baca Juga: Inilah Tata Cara dan Niat Haji Tamattu dengan Benar 

Dalil Keutamaan Shalat Arba’in

Shalat Arba’in artinya adalah shalat empat puluh. Shalat ini memiliki beberapa keutamaan, yaitu:

1. Terbebas dari Api Neraka

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الأُولَى كُتِبَ لَهُ بَرَاءَتَانِ: بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ، وَبَرَاءَةٌ مِنَ النِّفَاقِ.


Artinya: “Barang siapa yang shalat karena Allah empat puluh hari secara berjamaah tanpa ketinggalan takbir yang pertama, dicatatkan baginya dua kebebasan; kebebasan dari neraka dan kebebasan dari kemunafikan. (HR At-Tirmidzi no. 241)

2. Shalat di Masjid Nabawi adalah 1000 kali di masjid lain, kecuali Masjidil Haram

Dari Jabir RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

صَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ مِالَهُ أَلْفِ صَلاةِ، وَصَلَاةٌ في مَسْجِدِي الْفُ صَلاةٍ، وَفِي بَيْتِ الْمَقْدِس خَمْسُمِائَة صَلَاةٌ

Artinya: "Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari seribu kali sholat di masjid lainnya kecuali di Masjidil Haram, Mekah, dan shalat di Masjidil Haram lebih baik dari 100.000 (seratus ribu) sholat di masjid lainnya." (HR Ibnu Majjah, dishahihkan oleh Al-Bani)

Bagaimana Pelaksanaan Shalat Arba’in?

Menurut buku Ensiklopedia Fiqih Haji dan Umrah Edisi Revisi, jemaah Haji hanya perlu mengikuti shalat fardhu berjemaah 5 kali sehari dalam 8 hari berturut-turut. Kegiatan ini dilakukan di Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melaksanakan Shalat Arba’in

Melaksanakan shalat Arba’in berarti truFriends tidak boleh tertinggal dalam shalat berjemaah bersama imam rawatib berturut-turut. Berikut adalah hal-hal yang perlu truFriends perhatikan ketika akan melaksanakan shalat ini.

1. Datang ke Masjid dengan Tenang dan Tidak Tergesa-gesa

Ketika berada di tanah suci, pastinya ada jemaah yang merasa capek, kurang fit, ataupun terlambat ketika ingin melaksanakan shalat di Masjid Nabawi. Hal tersebut membuat jemaah jalan atau lari terburu-buru untuk melaksanakan shalat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمُ الإِقَامَةَ، فَامْشُوا إِلَى الصَّلاَةِ وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ وَالوَقَارِ، وَلاَ تُسْرِعُوا، فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا، وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا

Artinya: “Jika kalian mendengar iqamat, berjalanlah untuk shalat dengan tenang dan wibawa, jangan terburu-buru, shalatlah bersama imam sedapatnya, dan sempurnakan sendiri bagian yang tertinggal.” (HR. Al Bukhari no. 636 dan Muslim no. 154)

Dari Sunah tersebut, Rasulullah menganjurkan untuk berjalan ke shalat dengan tenang dan jangan terburu-buru. Setelah sampai di masjid, lakukan shalat bersama imam sedapatnya dan menyempurnakan sendiri bagian tertinggal.

2. Perlu Memperhatikan Kesehatan 

Shalat Arba’in membutuhkan syarat untuk melakukan shalat jemaah secara berturut-turut selama 40 waktu. Oleh karena itu, jemaah haji sebaiknya memperhatikan kondisi kesehatan selama melakukan ibadah ini. 

3. Perhatikan Jadwal Waktu di Madinah

Beberapa jemaah ada yang tidak diprogram untuk tinggal di Madinah selama tepat 8 hari, jangan memaksakan diri untuk ditinggal oleh rombongan karena ingin mengejar keutamaan Shalat Arbain. Diketahui shalat yang paling diutamakan adalah shalat di Masjidil Haram, Mekah.

4. Shalat Arbain untuk Jemaah Perempuan

Jemaah perempuan memiliki siklus untuk haid. Maka, ada kemungkinan ketika melaksanakan shalat Arba’in tiba waktunya haid. Di sisi lain, jemaah perempuan diutamakan untuk melakukan shalat di rumah ataupun di penginapan, hal tersebut sesuai dengan hadis berikut:

عَنْ أُمِّ حُمَيْدٍ امْرَأَةِ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ، أَنَّهَا جَاءَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي أُحِبُّ الصَّلَاةَ مَعَكَ، قَالَ: «قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ تُحِبِّينَ الصَّلَاةَ مَعِي، وَصَلاتُكِ فِي بَيْتِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي حُجْرَتِكِ، وَصَلاتُكِ فِي حُجْرَتِكِ خَيْرٌ مِنْ صَلاتِكِ فِي دَارِكِ، وَصَلاتُكِ فِي دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ، وَصَلاتُكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي مَسْجِدِي»

Artinya: Dari Ummu Humaid –istri Abu Humaid as-Sa’idi-bahwa ia telah datang kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam- dan berkata, “Wahai Rasulullah, sungguh saya senang shalat bersamamu.” Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam- berkata, “Aku sudah tahu itu, dan shalatmu di bagian dalam rumahmu  lebih baik bagimu dari shalat di kamar depan. Shalatmu di kamar depan lebih baik bagimu dari shalat di kediaman keluarga besarmu. Shalatmu di kediaman keluarga besarmu lebih baik bagimu dari shalat di masjid kaummu, dan shalatmu di masjid kaummu lebih baik dari shalat di masjid Nabawi.” (HR. Ahmad no. 27090)

Baca Juga: Sejarah Masjid Nabawi dan Bagian Bagiannya

Itulah informasi lengkap mengenai Shalat Arba’in di Masjid Nabawi yang perlu truFriends ketahui. Shalat ini bukan termasuk rukun ataupun syarat wajib haji, tetapi sunah untuk dilaksanakan truFriends yang sedang melaksanakan ibadah haji.

Bagi truFriends yang akan berangkat haji ataupun umrah, L.tru punya pakaian haji dan umrah terbaik terbuat dari material katun kombinasi dengan desain elegan dan pastinya sangat nyaman untuk dikenakan. 

Dalam satu tas pakaian haji dan umrah wanita tersebut, truFriends akan mendapatkan gamis atau set tunik dan celana, bergo hajj, inner hijab, manset shalat, serta kaus kaki. 

Segera dapatkan Bless Series L.tru sekarang juga hanya di website L.tru! #UmraAttire #HajjAttire #IbadahNyaman #HajjStories #UmraStories

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis