L.tru
Pesan akan dijawab dalam beberapa jam
Bagaimana saya bisa membantu Anda?
Mulai Percakapan

15 Tips Ibadah Umrah Bersama Anak Kecil Untuk Ibadah Lancar

124 Tinjau  | 

15 Tips Ibadah Umrah Bersama Anak Kecil Untuk Ibadah Lancar

Ibadah Umrah merupakan salah satu momen sakral dalam kehidupan umat Islam. Bagi keluarga, menjalani ibadah ini bersama anak-anak bisa menjadi pengalaman berharga yang tak terlupakan. 

Namun, persiapan dan pelaksanaan umrah dengan anak-anak memerlukan perencanaan yang matang agar semua anggota keluarga dapat mengambil manfaat dan menjalani ibadah dengan nyaman. 

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji dan Umrah

Daftar Tips Ibadah Umrah Bersama Anak

Berikut ini adalah 10 tips mendetail untuk menjalani ibadah Umrah bersama anak-anak:

1. Tentukan Waktu yang Tepat

Tips pertama yang perlu truFriends ketahui adalah menentukan waktu yang tepat untuk berangkat umrah. Cuaca di Tanah Suci begitu berbeda dengan Indonesia, akan ada kemungkinan si kecil belum bisa beradaptasi dengan cuaca yang begitu berbeda.

Oleh sebab itu hindari mengunjungi musim-musim panas ketika melaksanakan umrah. Menurut Islamic Travel, waktu terbaik untuk mengunjungi Arab Saudi adalah dari Oktober ke April, karena cuaca tidak terlalu panas, sehingga akan sangat nyaman untuk melakukan ibadah umrah. 

2. Perhatikan Usia Anak dan Kesehatan Seluruh Keluarga

Yang tidak kalah penting adalah truFriends perlu memperhatikan usia dan kesehatan anak untuk beribadah umrah. Anak lima tahun yang aktif akan lebih mudah untuk diajak umrah dibandingkan usia dua atau tiga tahun.

truFriends juga perlu cek kesehatan si kecil sebelum berangkat. Sistem kekebalan tubuh si kecil belum sempurna, kesehatan anak bisa jadi terganggu karena penyakit menular tertentu dan kondisi cuaca di Tanah Suci.

truFriends perlu pastikan bahwa anak dan seluruh anggota keluarga yang berangkat telah menerima vaksin sesuai anjuran. Jangan lupa untuk membawa keperluan dan kebutuhan anak balita seperti botol susu, selimut bayi, popok, pompa ASI dan lain sebagainya. 

3. Persiapan Fisik dan Kesehatan

Sebelum berangkat, pastikan semua anggota keluarga dalam kondisi kesehatan yang baik. Lakukan pemeriksaan medis dan vaksinasi yang diperlukan. Siapkan juga obat-obatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan dan ibadah. 

4. Edukasi Keagamaan

Libatkan anak-anak dalam proses persiapan dengan memberikan pemahaman tentang arti dan pentingnya ibadah Umrah. Ceritakan kisah-kisah inspiratif seputar ibadah Umrah untuk menumbuhkan rasa antusiasme mereka.

5. Buku Panduan Umrah

Sediakan buku panduan Umrah yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak-anak. Buku ini bisa membantu mereka memahami langkah-langkah ibadah dengan lebih baik.

6. Pakaian dan Perlengkapan

Pastikan anak-anak memiliki pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan tata cara beribadah. Bawalah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aturan berpakaian di Tanah Suci.

7. Rencana Perjalanan yang Terukur

Rencanakan jadwal perjalanan yang mempertimbangkan kebutuhan anak-anak, seperti waktu istirahat dan makan. Jangan terlalu memaksakan jadwal yang padat sehingga anak-anak tidak merasa lelah.

8. Aktivitas Edukatif

Selama perjalanan, ajak anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang tempat-tempat bersejarah di sekitar Mekah dan Madinah. Ini dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai keagamaan dan sejarah Islam.

9. Mengenalkan Kebersihan dan Etika

Ajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan fisik dan spiritual selama ibadah Umrah. Berbicaralah tentang etika berperilaku di masjid dan tempat-tempat suci.

10. Manajemen Waktu

Bantu anak-anak untuk memahami konsep waktu dalam ibadah. Ajarkan mereka tentang waktu-waktu penting seperti shalat dan tawaf, serta pentingnya membagi waktu antara ibadah dan istirahat.

11. Doa dan Zikir Bersama

Ajak anak-anak untuk berdoa dan berzikir bersama dalam bahasa yang mereka pahami. Buat momen-momen khusus di antara ibadah untuk berdoa bersama sebagai keluarga.

12. Kenangan dan Refleksi

Setelah kembali dari Umrah, buatlah waktu untuk berbicara bersama anak-anak tentang pengalaman mereka. Ajak mereka untuk berbagi kesan dan pelajaran yang mereka ambil dari perjalanan ini.

13. Membawa Hiburan Favorit Anak

Anak-anak kemungkinan akan merasa bosan dan lelah selama perjalanan umrah, sehingga mereka mungkin akan rewel. Untuk membantu meredakannya, truFriends pastikan untuk membawa hiburan favorit anak, seperti mainan, video kesukaannya, atau boneka kesayangannya.

14. Bawa Kereta Dorong dan Gendongan

Apabila truFriends memiliki anak balita, barang seperti kereta dorong (stroller) dan gendongan sangat penting untuk dibawa. Dua barang tersebut akan membuat perjalanan umrah lebih praktis dan mudah bersama si kecil tersayang.

Baca Juga: Haid Saat Ibadah Umrah dan Haji? Begini Hukumnya

15. Mengenakan Pakaian Nyaman untuk Busui

Bagi para truFriends yang menyusui, sangat perlu untuk mengenakan pakaian praktis dan mudah untuk menyusui si kecil. truFriends bisa dapatkan pakaian haji dan umrah wanita yang busui friendly di L.tru. Dengan ini, truFriends tidak perlu kerepotan apabila ketika si kecil membutuhkan ASI secara tiba-tiba.

Paket baju ihram wanita dari L.tru tersebut telah mencakup gamis atau set tunik dan celana, bergo hajj, inner hijab, manset shalat, serta kaus kaki di dalam satu tas praktis. Dengan rangkaian tersebut perjalanan umrah bersama anak akan terasa mudah dan nyaman!



Yuk, dapatkan Bless Series L.tru sekarang juga hanya di website L.tru!

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis